PENINGKATAN KAPASITAS GURU BAHASA JERMAN
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek telah diterapkan diberbagai sekolah dan dianggap sangat efektif dalam mengembangkan cara berpikir kritis dan kreaktif siswa, mengstimulasi siswa untuk belajar mandiri dan mengakomodasi siswa yang memiliki profil kecerdasan yang berbeda-beda di dalam kelas. Pendekatan ini menerapkan pola belajar “learning by doing†atau pembelajar aktif dan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran (Pearson dkk, 1999). Pelatihan ini sebagai solusi untuk menjawab persoalan yang dihadapi oleh para guru Bahasa Jerman di SMA yang menurut hasil uji kompetensi masih jauh dari apa yang diharapkan. Oleh karena itu pelatihan ini bertujuan antara lain yaituuntuk: 1) Meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman para guru SMA dengan level A2: 2) Para guru mampu mendesain perangkat ajar Bahasa Jerman; 3) Meningkatkan pemahaman guru terhadap metode-metode pembelajaran bahasa Jerman yang inovatif: 4) Meningkatkan pemahaman dan kesadaran guru terhadap kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh para siswa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan; dan 5) Meningkatkan ketrampilan mengajar guru Bahasa Jerman di wilayahTeluk Ambon dan Kota Madya Ambon. Metode yang dipakai adalah bentuk pelatihan yang diawali dengan identifikasi dan observasi kelas. Peserta yang terlibat dalam pelatihan ini adalah para guru SMA yang berada dalam wadah MGMP wilayah Teluk Ambon dan Kota Ambon. Pelatihan ini berlangsung selama 8 bulan dengan beberapa tahap yakni: identifikasi dan rumusan masalah, perencanaan solusi, pelatihan, penerapan materi yang dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Proyek. Evaluasi akhir menjadi bagian dari pelatihan ini sebelum menghasilkan perangkat ajar yang dapat dipakai oleh para guru di kelas mereka masing-masing sebagai bentuk luaran dari pelatihan ini
Downloads
References
Proceeding HERDSA Annual Inter-national Conference, Melbourne, 12-15 July 1999.
Joyce, Bruce, Marsha Weil &Beverly Showers.(1992). Models of Teaching.(Fourth Edition). Bos-ton: Allyn and Bacon.
SanjayaWina H., 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Stan-dar Proses Pendidikan.Jakarta. Prenada Media Group.
SoekamtoToeti. (1993). Perancangan dan Pengembangan Sistem Instruksional. Jakarta : Inter-media
Trianto, (2007).Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme, Jakarta :Prestasi Pustaka
YaminMartinus H., 2006. Sertfikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta. Gaung Per-sada.
https://kepompong.xyz/teori pengembangan-materi-ajar/
https://id.scribd.com/doc/22960528/Prinsip-pengembangan-Materi-Ajar
http://cerpenik.blogspot.co.id/2011/11/pengembangan-kompetensi-pedagogik-dan.html
Copyright (c) 2017 JURNAL TAHURI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dilarang menjiplak atau memperbanyak naskah untuk kepentingan apapun juga, terima kasih