IMPLEMENTASI PENERAPAN ALPHABOX STRATEGY DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA KELAS XII PADA MATERI AJAR HOBY UND FREIZEITBESCHÄFTIGUNG DI SMA NEGERI 1 SAPARUA

  • Mustamu Welhelmina
Keywords: Alphabox Strategy, Kosa Kata, Materi ajar Hobby und Freizeitbeschäftigungen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan Alphabox Strategy dalam meningkatkan kosa kata siswa kelas XII pada materi ajar Hobby und Freizeitbeschäftigungen.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penulis berusaha berkolaborasi dengan teman sejawat yang mengajar bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Saparua untuk menghimpun, mengoreksi dan membahas data selama penelitian tindakan kelas ini berlangsung.PTK ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Saparua Jln. Waisisil Kelurahan Saparua Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah dengan fokus sampel adalah kelas XII IPS2 dengan total sampel 30 siswa. Terdapat 2 (dua) siklus dalam implementasi Alphabox Strategi yang mana masing-masing siklus dilaksanakan selama 3 (tiga) kali tatap muka dengan durasi waktu selama tiga bulan.  Strategi ini dinyatakan berhasil dengan tingkat pencapaian rerata pada siklus I sebesar 68 naik menjadi 85 pada siklus II.  Hal ini membuktikan bahwa Alphabox Strategy layak digunakan dalam meningkatkan pemahaman kosa kata siswa pada materi ajar Hobby und Freizeitbeschäftigungen bidang studi Bahasa Jerman di kelas XII IPS2 SMA Negeri 1 Saparua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Chaer, 1994. Linguistik Umum.Jakarta: Rineka Cipta
Duke, N. K., & Pearson, P. D. (2002). Effective reading practices for developing compre-hension. In A.E. Farstrup & S.J. Samuels (Eds.), What research has to say about reading instruction, 3rd edition., Newark, DE: International Reading Association
Harimurti Kridalaksana, 2001. Kamus Linguistik.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hoyt, L. 1999. Revisit, reflect, retell. Portsmouth, NH:
Ismail Sukardi, 2013Model-model pembelajaran Moderen, Palembang: Tunas Gemi-lang Press, hal. 35

Kimberly, T. (2014). Alphaboxes: 14 Strategies to Use Before, During, & After Reading {12 Days of Literacy}. Retrivted from: http://www.Learningunlimitedllc.com/2014/01/12-days-literacy-alphaboxes-10-simple-strategies/
Lado, Robert. 1971. Language Teaching. Georgetown University.
Martinis Yamin, 2013.Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran, Jakarta : GP Press Group, hal. 2
Morrison, V., & Wlodarczyk, L. (2009, October). Revisiting Read-Aloud: Instructional Strategies That Encourage Students' Engagement With Texts. The Reading Teacher, 63(2), 110-118.
Parera. 1993. Menulis Tertib dan sistematis edisi 2. Jakarta: Erlangga
Pressley, M. 2006. What the future of reading research could be. Paper presented at the International Reading Association’s Reading Re-search 2006 Conference, Chicago, Illinois, April 2006.
Jihad, Abdul Haris, 2012. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo, hal.11
Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta:Grame-dia.
Ulrich Karl T, dkk., 2001. Peran-cangan dan Pengem-bangan Produk, McGraw Hill Publishing Co.
Published
2019-10-15
How to Cite
Welhelmina, M. (2019). IMPLEMENTASI PENERAPAN ALPHABOX STRATEGY DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA KELAS XII PADA MATERI AJAR HOBY UND FREIZEITBESCHÄFTIGUNG DI SMA NEGERI 1 SAPARUA. JURNAL TAHURI, 14(2), 20 - 30. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/tahuri/article/view/1370