INFLUENCE OF THE USE OF WHATSAPP SOCIAL MEDIA ON THE RESULTS OF LEARNING GERMAN OF STUDENTS OF SMA NEGERI 20 MALUKU TENGAH
Abstract
This research aims to explain the influence of whatsApp's use of social media as a learning medium on german learning outcomes. This study has two variables, namely the use of WhatsApp social media as a learning medium (X) as a free variable and german learning outcomes as bound variables (Y). The method used in this study is Ex Post Facto. This research data is obtained through interviews, questionnaires and results of learning German odd semesters (Midterms and End Semester Exams) through documentation studies. WhatsApp social media as a learning medium is used through interviews with teachers and questionnaires given to German learners. The data of the questionnaire results is processed with a likert scale then analyzed using percentage descriptive analysis techniques, then the results of German learning are processed with the T-Test technique. The results of the German language learning process showed that the use of Whatsapp social media as a learning medium had a positive effect on german learning outcomes
Downloads
References
Afnibar, dkk, 2020. “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (studi terhadap mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang”. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol 11, No 1, P-ISSN :2086-1303, E-ISSN : 2657-0521
Ahriana, dkk. “Studi Analisis hubungan antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Takalar”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 4, No 2, ISSN : 2302-8939
Abidah, 2020. “Peran Aplikasi WA Sebagai Media Pembelajaran dalam Mata kuliah Metodologi Penelitian”. BIDAYAH. Vol 11, No.1, ISSN: 2085-2541
Aspari, 2016. “ Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Pada Masyarakat Modern”.Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. ISBN: 978-602-61268-0-1
Arsyad, 2019. Media Pembelajaran. Depok:Rajawali pres,xvi,244 hlm,233.
Apituley, Tuhumury, 2018. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar bahasa jerman siswa SMA Negeri 1 Ambon”.Jurnal Tahuri Vol 15, No.1
Angreni, dkk,2017.”Ketersediaan dan pemanfatan media komponen instrumen ter-padu (KIT) IPA di sd Negeri Kecamatan Nanggalo Kota Padang ”.Jurnal Pendidikan Pendidikan Dasar Nusantara. Vol 2, No 2.ISSN : 2460-6324
Andjani, dkk, 2018. “Penggunaan media komunikasi Whatsapp terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan”.Jurnal Komunikatio Vol 4 No.1
Hakim, 2013. “Ulasan Metodologi Kualitatif :Wawancara terhadap Elit”. Wawasan Metodologi Kualitatif“. Jurnal.dpr.go.id.Diakses pada 27 february.2020.
Khusniyah, Hakim, 2019.“Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Bukti Pembe-lajaran Bahasa Inggris“.Jurnal Tatsqif.Vol 17.No.1 ISSN: 2503-4510
Jakni, 2016.‘‘ Metodologi Penelitian Experimen Bidang Pendidikan“. Alfabeta : Bandung Sta77 (xii + 328). ISBN : 978-602-289-224-3
Litualy, S.J and Waremra, 2018. “Model Pembelajaran Group Investigation dan Hasil Belajar Bahasa Jerman Siswa SMA PGRI-1 AMBON”. Jurnal Tahuri. Vol 15, No. 1
Lestari. “ Pengaruh Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil belajar Matematika”. Jurnal Formatif. Vol 3, No.2, ISSN:2088-351X
Lingga Masriati,2016.“Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 4 Semarang”. Skripsi
Maisaroh, dkk, 2010. “Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 8. No 2.
Ma’mun,2015. “Efektivitas pembelajaran bahasa arab melalui media sosial Whats-app di program BISA (belajar islam dan Bahasa arab)”. Skripsi.1-74
Ratnasari, 2020. “Penerapan Aplikasi Whatsapp terhadap Minat dan Prestasi Peserta didik”.Jes-Mat, Vol 6, No. 2,129-138.
Raresik, 2016. “Analisis Faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus VI”.e-journal pgsd Universitas Pendidikan Ganesha.Vol 4, No. 1
Raharti, 2019. “Whatsapp Media Komunikasi Efektif Masa Kini”.Visi Pustaka, Vol 21, No 2.
Sulastri dkk, 2015. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya”. Jurnal kreatif tadulako Online. Vol 3, No.1, ISSN 2354-614X.
Salamony dkk , 2021.‘‘ Model Pembelajaran Pair Checks dan Hasil Belajar Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 1 Ambon“. Jurnal Erfolgereicher Deutchunterricht. Vol 1, No 1, e-ISSN : 2775-4685
Saragih, dkk, 2020. “ Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik”. Proseding seminar Nasional Multi-disiplin ilmu Universitas Asahan ke-4. agethaevasaragih@gmail.com
Sukiman, 2012.Pengembangan Media Pembelajaran. Depok:PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI
Suryani, 2017. “Fungsi Whatsapp Grup Shalihah Cabang Bandar Lampung Sebagai Pengembangan Media Dakwah Dalam Membentuk Akhlakul Karimah
Sunarsi denok, 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan disiplin Kerja terhadap Kinerja Kerja Karyawan pada CV. Usaha Mandiri Jakarta”. Jurnal ilmiah management sumber daya manusia Jenius, Vol 1 (2), 1-24
Syahrum,dkk, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Ciptapustaka Media. Jl Cisitu Lama III No 24 A Bandung 40135. ISBN 979-3216-90-5
Sahidillah W.M,dkk, 2019. “Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa”. Varia Pendidikan,vol 31. No 1, ISSN :0852-0976
Triastuti,dkk, 2017. “Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja”. No. 15, ISBN 978-602-73963-2-6
Tafonao, 2018. “Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2. No 2 E-ISSN : 2549-4163, P-ISSN : 2549-1725
Widada, 2018.“Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan Journal of Ducumentation and information Science Vol 2 No.1,-ISSN 2502-6003
Yensy, 2020. “ Efektivitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid-19)”. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol 05, No. 02. P-ISSN : 2548-4435, E- ISSN : 2615-8752
Zürcher Reinhard, 2012. ‘‘Lernergebniddorientierung in der Erwachsenen-bildung“.bm:uk : Bundesministerium für Unterricht, Kunst und Kultur. Wein : Minoritenplatz 5.
Copyright (c) 2022 JURNAL TAHURI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dilarang menjiplak atau memperbanyak naskah untuk kepentingan apapun juga, terima kasih