PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP KRISTEN 1 SERAM BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

  • Carolina Sasabone Universitas Pattimura
  • Maria Kuhuwael Universitas Pattimura
Keywords: pengaruh, media, video, kemampuan, menulis, teks deskripsi.

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk diajarkan di sekolah, di samping keterampilan membaca, berbicara dan mendengar atau menyimak. Menulis dikatakan sangatlah penting karena keterampilan menulis adalah bentuk keterampilan yang sangat jarang diterapkan seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Guru telah berusaha memberikan treatment atau rangsangan untuk membangkitkan daya berpikir siswa namun rasa malas dan bosan yang menjadi penyebab proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh sebabitu cara yang cara yang efektif untuk mempermudah siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi yaitu penggunaan media video. Dengan tujuan media video ini mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Kristen 1 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah true experimental design dalam bentuk pretest-posttests control group design. Dalam desain pretest-postest control group design terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak”. Jadi setiap kelompok yang akan menjadi kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol intinya akan dipilih secara acak. Berdasarkan hasil uji paired samples t test maka dapat diketahui bahwa hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Carolina Sasabone, Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

Published
2024-08-01
How to Cite
Sasabone, C., & Kuhuwael, M. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP KRISTEN 1 SERAM BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 1217-1236. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no2hlm1217-1236