PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP KRISTEN 1 SERAM BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
Menulis adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk diajarkan di sekolah, di samping keterampilan membaca, berbicara dan mendengar atau menyimak. Menulis dikatakan sangatlah penting karena keterampilan menulis adalah bentuk keterampilan yang sangat jarang diterapkan seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Guru telah berusaha memberikan treatment atau rangsangan untuk membangkitkan daya berpikir siswa namun rasa malas dan bosan yang menjadi penyebab proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh sebabitu cara yang cara yang efektif untuk mempermudah siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi yaitu penggunaan media video. Dengan tujuan media video ini mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Kristen 1 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah true experimental design dalam bentuk pretest-posttests control group design. Dalam desain pretest-postest control group design terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak”. Jadi setiap kelompok yang akan menjadi kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol intinya akan dipilih secara acak. Berdasarkan hasil uji paired samples t test maka dapat diketahui bahwa hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Carolina Sasabone, Maria Kuhuwael, Maria Kuhuwael
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.