Penerapan Lean Manufacturing guna Meminimasi Waste pada Lantai Produksi

Studi Kasus: UD. Filkin

  • M. L. Pattiapon Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • N. E. Maitimu Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Irene Magdalena Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: Waste, Lean Manufacturing, Value Stream Mapping

Abstract

UD. Filkin adalah salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang mebel. Salah satu produknya adalah pintu. Dalam produksinya, terdapat berbagai jenis waste yang sering terjadi tanpa disadari, karena telah dianggap sebagai sesuatu yang wajar dan umum, padahal sesungguhnya sangat merugikan, dan seharusnya bisa dihindari, sehingga pada hasil identifikasi ditemukan beberapa jenis waste yang diantaranya waiting, innappropiateprocessing dan overproduction.Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi penyebab waste yang terjadi dalam lantai produksi, dan juga memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi waste di lantai produksi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi atau mengeliminasi waste adalah dengan metode Lean Manufacturing.Pendekatan Lean Manufacturing dilakukan dengan menganalisis waste dengan value stream mapping, menentukan waste dan mengidentifikasi akar penyebab masalah atau peristiwa dengan root cause analysis, dan merancang rekomendasi perbaikan untuk mengatasi waste tersebut.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tiga waste dengan rangking tertinggi adalah waiting dengan skor (17,1%), innappropiateprocessing (16,5%) dan overproduction (15,9%). Sehingga untuk mengurangi wastewaiting disarankan agar melakukan pelatihan dan penambahan pekerja. Untuk mengurangi wasteinnappropiateprocessing disarankan untuk meningkatkan pola pemahaman pekerja terhadap keinginan konsumen. Dan untuk mengurangi waste overproduction disarankan untuk melakukan perencanaan ulang terhadap produk yang akan dibuat, yang sesuai dengan permintaan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, Dorothea Wahyu (2004) "Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas)" Edisi Satu. Penerbit: ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Batubara, S., & Halimuddin, R. A. (2016). Penerapan Lean Manufacturing Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Dengan Cara Mengurangi Manufacturing Lead Time Studi Kasus: PT. Oriental Manufacturing Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 1(1), 49-56.

Gaspersz, Vincent. (2007). Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hines, P., & Rich, N. (2008). Matrix Seven Tools dan Seven Waste, Matrix Seleksi Untuk Pemilihan VALSAT.

Hobbs, Dennis P (2004). Lean Manufacturing Implementation : A Complete Execution Manual for Any Size Manufacturer. Florida : J. Ross Publishing, Inc.

Khannan, M. S. A., & Haryono, H. (2015). Analisis Penerapan Lean Manufacturing untuk Menghilangkan Pemborosan di Lini Produksi PT Adi Satria Abadi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 4(1), 47-54.

Pujawan. (2002). Lima Prinsip Pendekatan Lean Pada Toyota Production System.

Shingo, Shiego. (1990). A Study of the Toyota Production System. USA: Andrew P. Dillon Productivity Press

Widjaja, F. T., & Halim, S. (2015). Penerapan Value Stream Mapping untuk Allocation Planning di PT. X. Jurnal Titra, 3(2), 135-142.

Published
2020-04-08
How to Cite
Pattiapon, M. L., Maitimu, N. E., & Magdalena, I. (2020). Penerapan Lean Manufacturing guna Meminimasi Waste pada Lantai Produksi. ARIKA, 14(1), 23-36. https://doi.org/10.30598/arika.2020.14.1.23
Section
Articles