Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model CTL Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Weet Kecamatan Moa Kabupaten MBD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 1 Weet melalui model Contextual Teaching Learning (CTL). Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa, dan penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar belum mencapai standar KKM 65%, dengan nilai rata-rata ketuntasan sebesar 60,9%. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, dengan 33% siswa mencapai kategori “sangat baik,” 66% kategori “baik,” dan 1% kategori “cukup.” Seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar, memenuhi standar KKM 63. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran CTL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Downloads
References
Daryanto. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Gava Media.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Rineka Cipta.
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press.
Lerner, J. (2006). Learning disabilities and related disorders. Houghton Mifflin.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi guru profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Rianti, S. (2022). Metode pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah dasar. Pustaka Edukasi.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2014). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.
Suparno, P. (2010). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Kanisius.
Suryani, N. (2010). Vct ( Value Clarification Technique ) Learning Model Application To Improve. HISTORIA : International Journal of History Education, XI(2 (Decembr 2010)), 198–217.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.
Trianto. (2011). Model pembelajaran terpadu. Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Utomo, H. B., Suminar, D. R., & Hamidah. (2019). Capturing teaching motivation of teacher in the disadvantaged areas. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 398–410. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.26411
Widianti, R., et al. (2015). Pengembangan keterampilan berbahasa. Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2024 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.