Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Kristen Kaiwatu

  • Julivia Wonkuhy Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Melati I. S. Umarella Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Melvie Talakua Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: problem solving, hasil belajar, ipa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, yang masih di bawah standar sekolah, yaitu 65. Data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi keberagaman makhluk hidup kurang memuaskan, baik bagi guru maupun siswa itu sendiri. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai standar yang ditetapkan. Upaya yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran problem solving, yang sebelumnya telah digunakan guru tetapi belum optimal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Kristen Kaiwatu, Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui tes. Dari 15 siswa, mayoritas mencapai standar KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Solving efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi keberagaman makhluk hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astalini, dkk. (2019). Peran Pendidikan dalam Perkembangan Manusia. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 120-130.

Akbar, S. (2010). Pembelajaran Tematik: Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013. Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Hasibuan, H. M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Logaritma, II(01), 1–12.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Dewi, R. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Pustaka Edukasi.

Prastiwi, I. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 45-58.

Rusman. (2020). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Syahrial, dkk. (2019). Reformasi Pendidikan dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Modern, 10(3), 215-230.

Yuliati, L. (2019). Pembelajaran IPA dan Tantangan Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 89-102.

Published
2024-04-18