Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tiakur

  • Jois Damarce Tahanora Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Fransheine Rumtutuly Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Stelie D. Ratumanan Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: pembelajaran tgt, hasil belajar, pkn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas IV SD Negeri Tiakur. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus dengan subjek 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah penerapan model TGT. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 61,25 pada pretest menjadi 70,15 di siklus I dan 74,21 di siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM bertambah dari 13 siswa pada pretest menjadi 17 siswa di siklus I dan 28 siswa di siklus II. Persentase ketuntasan meningkat dari 40,62% pada pretest menjadi 53,12% di siklus I dan 87,5% di siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri Tiakur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach. McGraw-Hill.

Astalini, Dkk. (2019). "Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 45-56.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2018). Models of Teaching. Pearson.

Fajar, A. D. (2017). Model pengintegrasian pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamalik, O. (2021). Proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara.

Prastiwi, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 23-30.

Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Syahrial. (2019). Pentingnya Reformasi Pendidikan dalam Era Digital. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(3), 78-92.

Tilaar, H. A. R. (2019). Membenahi Pendidikan Nasional. Rineka Cipta.

Iisjoni. (2012). Pembelajaran kooperatif: Meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Pembelajaran kooperatif. Pustaka Belajar.

Iskandar. (2009). Psikologi pendidikan: Sebuah orientasi baru. Gaung Persada Press.

Lefidin. (2017). Belajar dan pembelajaran: Dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran. Deepublish.

Makmun, K. (2013). Psikologi belajar. Aswaja Pressindo.

Putranta, H. (2018). Model pembelajaran kelompok sistem perilaku: Behavior system group learning model. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosyid, M., Mansyur, & Abdullah. (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara.

Ruhimad. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning. Pustaka Belajar.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Published
2024-04-18