Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Kristen Tounwawan

  • Galfen Salow Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Jekriel Septory Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Samuel P. Ritiauw Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: model sole, pembelajaran ips, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Self-Organized Learning Environments (SOLE) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Kristen Tounwawan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 9 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 41,11 (pretest) menjadi 53,88 (siklus I) dan 79,44 (siklus II). Persentase ketuntasan meningkat dari 22,22 % (pretest) menjadi 66,66 % (siklus I) dan 100 % (siklus II). Dengan demikian, penerapan Model Pembelajaran SOLE efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekiz, S., & Kulmetov, Z. (2016). The factors affecting learners’ motivation in english language education. Journal of Foreign Language Education and Technology, 1(1), 18–38. http://jflet.com/jflet/

Fitri, K. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pelajaran Pembangunan Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Natal. Jurnal Misi Institut Pendidikan

Tapanuli Selatan (IPTS), 4(1), 93–103.

Kunandar. (2013). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Rajawali Press.

Marmoah, S., Roslan, R., Chaeroh, M., Elita, M. D., & Fauziah, M. (2021). The Comparison of Education System in Australia and Indonesia. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 784–796. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.33661

Ofianto, & Ningsih, T. Z. (2021). Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Sungai Penuh. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), XII(1), 58–64. https://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1794%0Ahttps://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/1794/1495

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Purwanto. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif. Pustaka Pelajar.

Solihatin, E. (2007). Strategi Pembelajaran IPS. Bumi Aksara.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktik. Prestasi Pustaka.

Wiratmaja, R (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Remaja Rosda.

Published
2024-04-18