Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Kelas V SD Kristen Yamluli

  • Ancelina Keilayoka Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Ribka Lemi Ririhena Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: quantum teaching, keterampilan menyimak, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kristen Yamluli yang berjumlah 22 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk uraian sebanyak lima soal. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tes awal dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dalam menyimak cerita, sekaligus menjadi acuan dalam menentukan subjek penelitian. Hasil tes awal digunakan sebagai dasar dalam merancang tindakan pada siklus berikutnya dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching guna meningkatkan kemampuan menyimak siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, M. (2007). Penelitian tindakan kelas: Konsep, metode, dan penerapannya dalam pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Greenberg, J., & Baron, R. A. (2013). Behavior in organizations (10th ed.). Pearson.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner (3rd ed.). Deakin University.

Mulyati, Y. (2009). Pembelajaran menyimak di sekolah dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharso. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia (Edisi ke-3). Balai Pustaka.

Suprijono, A. (2011). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Wena, M. (2013). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Bumi Aksara.

Published
2024-04-18