Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Ambon

  • Sarah Sahetapy Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: PBL, menulis puisi, kreativitas siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui model PBL pada Siswa kelas V SD Negeri 4 Ambon. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 4 Ambon. Data penelitian berupa data proses dan data produk diperoleh melalui teknik pengamatan, wawancara, dan penugasan. Insrumen yang digunakan adalah pedoman pengamatan, pedoman wawancara, dan lembar penugasan.  Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data model alir yang meliputi kegiatan reduksi data, pemaparan data, verifikasi, penyimpulandata dan dihitung presentasi ketuntasan hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, baik dari segi proses maupuan dari segi produk. Dari segi proses, pembelajaran menulis puisi pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan motivasi dan kreaktivitas siswa. Dari segi produk, penerapan model PBL pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami unsur-unsur dan pola penulisan puisi, menemukan ide yang berasal dari pengamatan, dan mendeskripsikan objek pengamatan sesuai dengan pola puisi yang dipilih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2003). Teknik analisis data. Bina Aksara.

Hadi, M. (2009). Peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Teguhan 2 Kecamatan Paron melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah tahun pelajaran 2008/2009 (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Sebelas Maret.

Mills, G. E. (2000). Action research: A guide for the teacher-researcher. Merrill/Prentice Hall.

Mulyati, Y. (2002). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi. Universitas Terbuka.

Rahmanto, B. (1988). Metode pengajaran sastra. Kanisius.

Romadhoni, I., Ketut, M., & Harijanto, A. (2017). Penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) disertai media interaktif terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika SMA di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 54–67.

Sa’dun, S. (2009). Penelitian tindakan kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tompkins, G. E., & Hoskisson, K. (1999). Language arts: Content area teaching strategies. Macmillan Publishing Company.

Published
2020-11-15