PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SMARTPHONE
Abstract
Perkembangan Edukatif Anak Kelas Tinggi Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran penggunaan gadget, untuk mengetahui gambaran interaksi edukatif keluarga, mengetahui gambaran perkembangan kognitif, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar. Penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif anak. Interaksi edukatif keluarga menunjukkan nilai thitung sebesar 4,710 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,000, dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05. Penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar, dimana nilai Fhitung 56,243 (Sig F = 0,000).