Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone
Abstract
Perkembangan Edukatif Anak Kelas Tinggi Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran penggunaan gadget, untuk mengetahui gambaran interaksi edukatif keluarga, mengetahui gambaran perkembangan kognitif, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar. Penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif anak. Interaksi edukatif keluarga menunjukkan nilai thitung sebesar 4,710 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,000, dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05. Penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar, dimana nilai Fhitung 56,243 (Sig F = 0,000).
Downloads
References
Ahmadi, A. (2015). Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta.
Amri, A. B. (2013). Hasil Survey Kebiasaan Pengguna Smartphone di Indonesia. Viva News.
Bahri, S. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Rineka Cipta.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga: Teoritis-Praktis. Remaja Rosdakarya.
Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Graha Ilmu.
Poerwanti, E., & Widodo, N. (2002). Perkembangan Peserta Didik. UMM Press.
Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Perkembangan Anak. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sudiapermana, H. E. (2012). Pendidikan Keluarga: Sumberdaya Pendidikan Sepanjang Hayat. Edukasia Press.
Supriyono. (2015). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Masa Kini. DIKJEN PAUD dan Pendidikan Masyarakat.
Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.