Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone

  • Yudince Marinding Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: penggunaan gadget, interaksi edukatif keluarga, perkembangan kognitif anak

Abstract

Perkembangan Edukatif Anak Kelas Tinggi Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran penggunaan gadget, untuk mengetahui gambaran interaksi edukatif keluarga, mengetahui gambaran perkembangan kognitif, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar. Penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif anak. Interaksi edukatif keluarga menunjukkan nilai thitung sebesar 4,710 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,000, dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05. Penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar, dimana nilai Fhitung 56,243 (Sig F = 0,000).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, S. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Basyir, M. (2015, Juni 30). Psikologis terhadap perkembangan dan pendidikan anak: (Studi kajian Ahwal al Syakhsyiyyah). Jurnal At Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 68 85.

https://doi.org/10.54621/jiat.v1i1.207

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga: Teoritis-Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Poerwanti, E., & Widodo, N. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM.

Dwi Putra, K., & Jannah, M. (2013). Perkembangan kemandirian anak usia dini (usia 4 6 tahun) di Taman Kanakkanak Assalam Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(3). https://doi.org/10.26740/cjpp.v1i3.2714

Putri, A., Winarti, A., Livia, A. (2018). Model komunikasi keluarga dalam membentuk karakter anak. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.37577/jp3m.v7i1.925

Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudiapermana, H. E. (2012). Pendidikan Keluarga: Sumberdaya Pendidikan Sepanjang Hayat. Bandung: Edukasia Press.

Sukatmi, S. (2015). Pola asuh dan komunikasi orang tua terhadap perkembangan karakter anak usia dini (1 6 tahun). Jurnal Ilmiah PGSD, 7(2). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/article/view/7996

Silitonga, M., & Yulastri, L. (2014). Hubungan pola asuh orang tua dengan agresivitas anak di SMPN 194 Jakarta Timur. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan (JKKP), 1(1), 7–11. https://doi.org/10.21009/JKKP.011.02

Supriyono. (2015). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Masa Kini. Jakarta: DIKJEN PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Wisjnu, M. (2015). Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi (JPSI). https://doi.org/10.22146/jpsi.6970

Yusuf, S. (2018). Psikologi perkembangan. Remaja Rosdakarya.

Published
2020-11-15
How to Cite
Marinding, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone. Honoli of Journal Primary Teacher Education, 1(1), 26-33. https://doi.org/10.30598/honoli.1.1.26-33