Interferensi Bahasa Melayu Ambon Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan Pada Siswa SMP Kristen Kalam Kudus Ambon
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji jenis-jenis interferensi Bahasa Melayu Ambon dalam Bahasa Indonesia lisan siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 9 SMP Kristen Kalam Kudus Ambon dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan setting alamiah. Peneliti mengamati proses belajar mengajar dan membuat catatan bahasa lisan para siswa dalam interaksi dengan guru maupun antar siswa. Peneliti juga memperhatikan komunikasi antar siswa selama kegiatan di luar kelas dan mencatat bahasa lisan siswa.Dari penelitian ini ditemukan beberapa jenis interferensi, yakni (1) interferensi fonologis, (2) interferensi morfologis, (3) interferensi sintaksis, (4) interferensi leksikal, dan (5) interferensi semantik.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi interferensi Bahasa Melayu Ambon dalam bahasa Indonesia lisan siswa. Faktor-faktor tersebut dapat dikategorikan sebagai faktor struktur, kurangnya penguasaankaidah berbahasa, lingkungan bahasa siswa, dan sikap berbahasa siswa.
Downloads
References
Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan awal. Rineka Cipta.
Fanani, A. (2011). The interference of Indonesian grammar into the acquisition of English grammar (An analysis of the 2nd semester students’ written task at the English Department, UNIPDU Jombang). Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 2(2). https://doi.org/10.26594/diglossia.v2i2.91
Jackendoff, R. (2003). Foundations of language: Brain, meaning, grammar, evolution. Oxford University Press.
Kurniasari, I., & Haryadi, H. (2018). The lexical interference of Islamic missionary utterance in Pekalongan. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 165–172. https://doi.org/10.15294/seloka.v7i2.16756
Marisa Fran Lina. (2016). Language interference in teaching English as foreign language viewed from psycholinguistics. E Link Journal. https://doi.org/10.30736/ej.v10i1.566
Rizal, A. (2017). First language interference in English speaking performance of university students of Muhammadiyah Sorong (UMS). Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 6(1), 22–32. https://doi.org/10.33506/jq.v6i1.249
Sari, E. M. (2014). Grammatical interference of Indonesian language to the English writing of EFL learners at SMAN 1 Mojo (Undergraduate thesis). IAIN Kediri. https://etheses.iainkediri.ac.id/9285/
Suparno, H., & Ibrahim, A. S. (2000). Sosiolinguistik. Universitas Terbuka.
Syafutri, T., & Saputra, A. (2018). The first language interference toward students’ English speaking as foreign language. Linguists: Journal of Linguistics and Language Teaching. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/linguists/article/view/4150
Takaria, D., & Pieter, C. (2011). Kamus Bahasa Melayu Ambon–Indonesia. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Vintoni, A. (2016). Language interference in ESL/EFL learning [Conference presentation]. 4th ELITE International Conference, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia.
Wati, M. R. D. P. (2015). Grammatical interference of Javanese language in Indonesian language by kindergarten’s children. Lantern: Journal on English Language, Culture and Literature, 4(2).
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/engliterature/article/view/8158
Yuniar, R. S. (2013). Korean phonological interference in Indonesian language as second language. Lantern: Journal on English Language, Culture and Literature, 2(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/engliterature/article/view/3655
