Pengembangan Media CD Pembelajaran Flash Interaktif Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Kota Malang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku yang layak menurut ahli media, ahli materi, pengguna/guru, dan uji coba siswa. Sehingga media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Hasil pengembangan berupa media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku dan buku petunjuk pengguna. Penilaian formatif oleh ahli media mendapatkan persentase 91%, ahli materi mendapatkan persentase 95%, oleh pengguna/guru mendapatkan persentase 100%, dan uji coba oleh kelompok kecil terhadap 18 siswa kelas IV mendapatkan persentase 84%. Keseluruhan rata-rata hasil uji kelayakan yaitu 92,5%. Hal ini menunjukkan bahwa CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku termasuk dalam klasifikasi layak dan siap diterapkan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Ariani, N., & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran multimedia di sekolah: Pedoman pembelajaran inspiratif, konstruktif, dan prospektif. Prestasi Pustaka Publisher.
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Asrul. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3303
Erwin, V. A., & Syukur, Y. (2019). Multimedia interaktif bermuatan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 901–908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis Android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191–201.
https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Remaja Rosdakarya.
Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 131–149. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149
Rini, B. S., Atmaja, H. T., & Setyowati, D. L. (2019). The effectiveness of the thematic instructional materials in improving social sciences basic competence by using problem-based learning model in elementary school. Journal of Primary Education, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i1.24624
Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran berbicara bagi siswa kelas IV sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25–37. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (M. Rachmawati, Trans.). Erlangga. (Karya asli diterbitkan tanpa tahun)
Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan (Edisi ke-4). Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Tim Penyusun PPKI. (2010). Pedoman penulisan karya ilmiah: Skripsi, tesis, disertasi, artikel, makalah, tugas akhir, laporan penelitian (Edisi ke-5). Universitas Negeri Malang.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara.
