Pengembangan Media CD Pembelajaran Flash Interaktif Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Kota Malang

  • Noviana Farida Sekolah Dasar Negeri Jodipan Kota Malang, Indonesia
Keywords: pengembangan, media cd, pembelajaran flash interaktif, sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku yang layak menurut ahli media, ahli materi, pengguna/guru, dan uji coba siswa. Sehingga media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Hasil pengembangan berupa media CD pembelajaran  flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku dan buku petunjuk pengguna. Penilaian formatif oleh ahli media mendapatkan persentase 91%, ahli materi mendapatkan persentase 95%, oleh pengguna/guru mendapatkan persentase 100%, dan uji coba oleh kelompok kecil terhadap 18 siswa kelas IV mendapatkan persentase 84%.  Keseluruhan rata-rata hasil uji kelayakan yaitu 92,5%. Hal ini menunjukkan bahwa CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku termasuk dalam klasifikasi layak dan siap diterapkan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, N. dan Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Prestasi Pustaka Publisher.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan(Edisi Keempat). Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Tim Penyusun PPKI. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis, Dosertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. (Edisi Kelima). Universitas Negeri Malang.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.

Published
2020-11-15