Penggunaan Alat Peraga Kartu Positif dan Negatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar

  • Sumardi W. Ndolu Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Indonesia
  • Siprianus Suban Garak Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Indonesia
  • Vera Rosalina Bulu Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Keywords: hasil belajar, bilangan bulat, alat peraga kartu positif dan negatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar penjumlahan danpengurangan bilangan bulat menggunakan alat peragakartu positifdannegatifpadasiswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar, berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi langsung. Kriteria ketuntasan yang digunakan dalam penelitian ini yakni jika ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 80% dengan rata-rata nilai yang diperoleh ≥ 65, maka siklus penelitian dapat dihentikan dan dianggap berhasil. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan adanya peningkatan persentase yakni 76,19% dengan rata-rata nilai 68,65. Pada siklus II meningkat menjadi 90,48% dengan rata-rata nilai 80,55. Hal ini berarti ketuntasan belajar dalam kelas tersebut telahmencapai target yang ditetapkan.Sehingga dapat disimpulkan bahwapenggunaankartu positif dan negatif dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Azhar, A. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Dienes, Z. P. (1960). Building up Mathematics. Hutchinson Educational.

Dale, E. (1969). Audio-Visual Methods in Teaching (3rd ed.). Dryden Press.

Gagné, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction (4th ed.). Holt, Rinehart & Winston.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Prentice Hall.

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Iskandar, I., & Sa’dijah, C. (2003). Psikologi Pendidikan. Universitas Terbuka.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (8th ed.). Allyn & Bacon.

Kemp, J. E., & Dayton, D. K. (1985). Planning and Producing Instructional Media. Harper & Row.

Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. Viking Press.

Published
2021-11-16