Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aktivitas Ekonomi di Masyarakat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Illih
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat mendeskripsikan bagaimana penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Illih, Kecamatan Pulau Damer Maluku Barat Daya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi dan refleksi. Tahapan pelaksanaan tindakan dilaksanakan di dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Negeri Illih berjumlah 26 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa pada sebelum tindakan, tes akhir siklus I dan II. Hasil penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, tes awal 6 (23.07%), siklus I nilai siswa mengalami peningkatan,12 (46,15%), siklus II nilai siswa mengalami peningkatan 26 (100%), sehingga hasil belajar siswa dikatakan tuntas. Serta secara keseluruan pembelajaran dikatakan berhasil karena guru dan siswadapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Downloads
References
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning (4th ed.). Holt, Rinehart and Winston.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Grasindo.
Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Lefudin, M. (2017). Pengembangan Pembelajaran. Deepublish.
Muhibbin, S. (2000). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Nahdi, D. S. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Edu Publisher.
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. Basic Books.
Risaldi, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jejak Publisher.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Supardi. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Syaiful, B. (2008). Strategi Pembelajaran. Rineka Cipta.
Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Winataputra, U. S. (2017). Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.