STUDI KOMPARASI HASIL BELAJARAN ANTARA PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP AL-WATHAN AMBON
Abstract
Penelitian ini tentang studi komparatif hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu, bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan hasil belajar siswa. .Metode yang digunakan adalah metode poor experimental.Pada penelitian ini tidak terdapat variabel kontrol.dengan subjek terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII1 SMP Al Wathan (contekstual teaching and learning) dan VIII2 (Konvensional). Pengolahan data dilakukan dengan uji t menggunakan SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas VIII1 dan VIII2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik contekstual teaching and learning dan konvensional. Diantara dua pendekatan pembelajaran penelitian menunjukan bahwa teknik contekstual teaching and learning peningkatan jasil belajar siswa lebih baik dari pada pendekatan konvensional.
Downloads
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.