MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA XAVERIUS AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI TRIGONOMETRI
PDF

Keywords

Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, trigonometri

How to Cite

Latumahina, F., Mataheru, W., & Huwaa, N. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA XAVERIUS AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI TRIGONOMETRI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1(1), 1-6. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Xaverius Ambon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-2 SMA Xaverius Ambon tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan guru berperan sebagai pengajar dan berlangsung 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, yang mana nilai akhir siklus I menunjukan sebanyak 45,83% (11 orang siswa), yang memperoleh nilai 66, setelah itu siklus II meningkat menjadi 70,83% (17 orang siswa). Dilihat hasil dari siklus I dan siklus II maka telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Xaverius Ambon pada materi trigonometri.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.