ANALISIS TINGKAT KONFLIK KOGNITIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA KATOLIK YOS SUDARSO DOBO

  • Napsin Palisoa Universitas Pattimura
  • Semuel Unwakoly
  • Marlina M. Rumheng
Keywords: Konflik Kognitif, Model pemebalajaran kooperatif tipe TTW, Hasil belajar siswa, Kesetimbangan Kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konflik kognitif siswa dan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Katolik Yos Sudarso Dobo setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Mia 1 Ruang 1 yang berjumlah 14 siswa yang diambil dengan teknik bertujuan (Purposive). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat konflik kognitif siswa berada pada kualifikasi sedang. Sementara hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes formatif menunjukkan 10 siswa (71.42%) dapat mencapai ketuntasan. Dari hasil penelitan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa analisis tingkat konflik kognitif siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Katolik Yos Sudarsdo Dobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrea Ramadhani dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Yang Dipadu Dengan Media Buku Komik Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Proceeding Biology Education conference, Volume 15 Nomor 1, halaman 312
Arifin, Zainal. 2012. Model Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Eko Pujianto, M. Masyukri, Suryadi Budi Utomo. 2018. Penerapan Strategi Konflik Kognitif Untuk Pembelajaran Remidiasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia. Volume 7 Nomor 1, 77-85
Friska Octavia Rosa. 2015. Analisis Kemampuan Siswa kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan
Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika.Volume1 Nomor 2, 24-28
Hulnker, D. dan Laughin, C. 1996. Talk Your Way into Writing. Dalam Communication in Mathematics
K-12 and Beyond, 1996 year book. The National Council of Teachers of Mathematics
Ilham Effendy.2016. Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. Volume 1 Nomor 2, Halaman 82
Jarnawi, A.D., Ade Rohayati, Karso. 2012. Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Dalam Upaya Meningkatkan High Order Mathematical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 13 Nomor 2, 65-76
Kurniawan, Endang dkk. 2016. Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Penilaian. Direktorat Jenderal
Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Maisaroh dan Roestrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor.Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 8
Nomor 2, 157-172
Marhayati, Fitriani, Tuti Kurniati. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thin Talk Write (TTW) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswaa Pada Sub Materi Bentuk Molekul Berdasarkan Teori Hibridisasi Kelas XII IPA 2 SMA Panca Bhakti Pontianak. Jurnal Ilmiah. Volume 6 Nomor 1, 88-97
Raehana Tuqalby, Sutrio, Gunawan. 2017. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Fluida Siswa SMA Negeri 3 Mataram tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume 3 Nomor 1, 8-13
Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Kencana: Jakarta.
Sudjana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Published
2022-07-29
How to Cite
Palisoa, N., Unwakoly, S., & Rumheng, M. (2022). ANALISIS TINGKAT KONFLIK KOGNITIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA KATOLIK YOS SUDARSO DOBO. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 12(2), 107-118. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol12iss2pp107-118
Section
Articles