INVENTARISASI JENIS - JENIS LAMUN (SEAGRASS) DAN ASOSIASINYA DENGAN GASTROPODA DIPERAIRAN PANTAI DESA POKA KECAMATAN TELUK AMBON KOTA AMBON PROVINSI MALUKU

  • Yusuf Rumpeniak Universitas Pattimura
  • Adriana Hiariej Universitas Pattimura
  • Dece Elisabeth Sahertian Universitas Pattimura
Keywords: Lamun, Gastropoda, Asosiasi, Pantai desa Poka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis - jenis lamun (seagrass) dan asosiasinya dengan gastropoda di perairan pantai desa Poka kecamatan teluk Ambon kota Ambon provinsi Maluku. Peletakan garis transek  di dasarkan pada keberadaan padang lamun, pengambilan sampel lamun dan gastrooda dilakukan  pada transek yang sama, menggunakan metode transek kuadran 1×1 m. Identifikasi sampel dilakukan  Laboratorium Balai Konservasi Biota Laut LIPI Ambon. Lamun yang ditemukan ada 3 spesies yaitu Enhalus acoroides, Holophila ovalis, Halodule uninervis. Gastropoda yang ditemukan sebanyak 10 spesies yaitu Polinices mammilla, Natica vitellusi, Strombus labiatus, Strombus urceus, Bursa tuberosissima, Liotina peronii, Conus coronatus, Conus moriculatus, Nassarius pullus, Nassarius limnaeiformis.Terdapat asosiasi positif antara lamun dan gastropoda yang berarti  bahwa spesies-spesies tersebut cenderung ditemukan bersama-sama disetiap petak pengamatan dan menunjukan adanya toleransi untk hidup bersama-sama atau ada hubungan timbale balik yang saling menguntungka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-16
How to Cite
[1]
RumpeniakY., HiariejA., and SahertianD., “INVENTARISASI JENIS - JENIS LAMUN (SEAGRASS) DAN ASOSIASINYA DENGAN GASTROPODA DIPERAIRAN PANTAI DESA POKA KECAMATAN TELUK AMBON KOTA AMBON PROVINSI MALUKU”, RPBJ, vol. 1, no. 2, pp. 010 - 019, Jun. 2020.
Section
Articles