Analisa Kinerja Angkutan Penyeberangan Guna Menjamin Keberlanjutan Industri Transportasi di Maluku (Studi Kasus Pada Lintasan Hunimua - Waipirit)

  • Hanok Mandaku
Keywords: Kinerja, Angkutan Penyeberangan, Investasi

Abstract

Kemajuan angkutan penyeberangan di Maluku dalam beberapa tahun terakhir cukup pesat, ditandai dengan masuknya pihak swasta untuk berinvestasi selain PT. ASDP yang merupakan salah satu BUMN. Hal ini menunjukkan bahwa investasi di sector transportasi memiliki prospek yang baik di masa depan. Guna menjamin keberlanjutannya (sustainable), maka perlu ada gambaran tentang kinerja finansial, pemanfaatan fasilitas dan pemanfaatan tenaga kerja (ABK). Sebagai locus studi, dipilih lintasan komersial Hunimua-Waipirit yang mengoperasikan KMP. Inelika dan KMP. Terubuk. Penelitian ini bersifat analisis matematis yang diarahkan untuk mencapai tujuan yaitu mendapatkan gambaran nilai kinerja angkutan penyebrangan yang meliputi finansial, pemanfaatan fasilitas dan tenaga kerja. Hasil analisis finansial menujukkan bahwa investasi angkutan penyeberangan pada lintasan Hunimua-Waipirit menguntungkan; pemanfaatan fasilitas sudah mencapai titik maksimum (LF 88% dan BOR >40%), sehingga kedepan perlu ada pengembangan fasilitas dermaga menjadi 2 line; dan pemanfaatan tenaga kerja akan maksimal tergantung dari jarak pelayaran yang ditempuh selama periode tertentu. Kondisi kinerja tersebut akan menjamin keberlanjutannya sebagai sebuah industri serta prospektif bagi investasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-04
How to Cite
Mandaku, H. (2014). Analisa Kinerja Angkutan Penyeberangan Guna Menjamin Keberlanjutan Industri Transportasi di Maluku (Studi Kasus Pada Lintasan Hunimua - Waipirit). ARIKA, 8(2), 101-108. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arika/article/view/400
Section
Articles