Perkiraan Tarikan Pergerakan Kendaraan Logistik Menuju ke Pulau Seram di Provinsi Maluku
Abstract
Transportasi logistik hingga kini masih menjadi masalah serius, terutama di wilayah kepulauan seperti Provinsi Maluku. Hal itu dapat tergambar dari tingginya harga barang akibat dari tingginya biaya logistik. Oleh sebab itu diperlukan dukungan informasi tentang besaran tarikan pergerakan kendaraan sebagai dasar penataan sistem transportasi logistik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sistem logistik dan memodelkan tarikan pergerakan kendaraan logistik menuju ke Pulau Seram di Provinsi Maluku. Variabel yang dimodelkan adalah jumlah penduduk (X1) dan luas wilayah (X2). Data dikumpulkan dengan metode wawancara terhadap 120 distributor. Hasil penelitian menemukan sistem logistik di wilayah Provinsi Maluku terdiri dari koridor utara yang berpusat di Kota Ambon dan koridor selatan dengan sistem multiport (Tiakur, Saumlaki dan Tual). Pada jalur distribusi ke pulau Seram, terdapat 7 zona tarikan, dominan menuju ke zona Masohi dan Bula. Hasil pemodelan menunjukkan variabel jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap tarikan pergerakan. Sedangkan variabel luas wilayah tidak berpengaruh signifikan. Model yang dihasilkan yaitu Yke P.Seram = -14,92491 + 0,0009809 Xjum.pend – 0,0003799 Xluas wil. Model tersebut memperkirakan setiap penambahan 20.000 penduduk, akan menarik 5 kendaraan logistik per hari. Temuan ini bermanfaat sebagai dasar penataan sistem transportasi logistik di wilayah Provinsi Maluku.
Downloads
References
Arifin, T. S. P. (2019). Pemodelan Tarikan Perjalanan Angkutan Barang Di Provinsi Kalimantan Timur, Jurnal Transportasi, Vol. 19 No. 2, 93100.
Berki, Z., Habil, Monigl, J. (2017). Trip generation and distribution modelling in Budapest, 20th EURO Working Group on Transportation Meeting, Budapest, Hungary.
BPS Kabupaten Maluku Tengah (2020). Maluku Tengah Dalam Angka 2020. https://maltengkab.bps.go.id/
BPS Kabupaten Seram Bagian Timur. (2020). Seram Bagian Timur Dalam Angka 2020. https://sbtkab.bps.go.id/
de Oliveira, L. K, N´obrega, R. A. de A, Ebias, D. G. C., Corrˆea, B. G. e S. (2017). Analysis of Freight Trip Generation Model for Food and Beverage in Belo Horizonte (Brazil), Region – The Journal of ERSA, Vol. 4 No. 1, 17–30.
Günay, G., Ergün, G., Gökaşar, I. (2016). Conditional Freight Trip Generation Modelling, Journal of Transport Geography, 102–111.
Gurning, R. O. S. (2006). Analisa Konsep Trans-Maluku Sebagai Pola Jaringan Transportasi Laut di Propinsi Maluku. Academia Accelerating the World Research, 1-8.
Hoobs, F. D. (1995). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Penerbit UGM.
Quintero, A. P., Mary Diaz, M. G., Moreno, E. G. (2016). Trip Generation by Transportation Mode of Private School, Semi-private and Public: Case Study in Merida-Venezuela, XII Conference on Transport Engineering, CIT.
Salim, H. A. A. (2016). Manajemen Transportasi, Jakarta: Rajawali Pers.
Shi, F. & Zhu, L. (2019). Analysis of Trip Generation Rates in Residential Commuting Based
on Mobile Phone Signaling Data, The Journal of Transport and Land Use, Vol. 12 No. 1, 201 – 220.
Sitorus, B & Sitorus, T. I. H. (2017). Dukungan Transportasi Logistik dan Daya Saing Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, Vol. 04 No. 02, 137 – 146.
Suthanaya, P. A. (2010). Pemodelan Tarikan Perjalanan Menuju Pusat Perbelanjaan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 14 No. 2, 103-112.
Tamin, O, Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi: Edisi ke-2. Bandung: Penerbit ITB.
Zisa & Dwipa, S. (2017). Analisis Tarikan Perjalanan Kawasan Pendidikan (Studi Kasus Jalan Pemuda Sungailiat, Jurnal Fropil, Vol. 5 Nomor 2.
Copyright (c) 2023 Hanok Mandaku, Mentari Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ARIKA Jurnal agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants ARIKA journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).