Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Patti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Patti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Lokasi penelitian ini yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian yang berlokasi pada SD Kristen Patti. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas IV SD Kristen Patti sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Hasil tes pada siswa terlihat adanya peningkatan tes awal ketuntasan klasikal menunjukan bahwa 8 (29%) siswa yang mencapai KKM yang ditentukan meningkat pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikal 19 (70%) kemudian pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan pada ketuntasan secara klasikal 27 (100%) yang memperoleh nilai yang mencapai KKM yang ditentukan. Hal ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berdampak positif terhadap proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Kristen Patti pada materi keragaman Bangsaku.
Downloads
References
Al Tabany, T. I. (2014). Desain pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Prenadamedia Group.
Dewi, R., & Rohmanurmeta, R. (2019). Model pembelajaran inovatif dalam IPS. Gramedia.
Karwono, & Mularsih, T. (2017). Teori dan praktik pembelajaran efektif. Raja Grafindo Persada.
Kusmiati, K. (2019). Pembelajaran IPS di sekolah dasar: Teori dan aplikasi. Erlangga.
Lie, A. (2008). Cooperative learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Grasindo.
Michaelis, J. (2019). Social studies for children: A guide to basic instruction. Pearson Education.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan aplikasinya. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2016). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Metode statistika. Tarsito.
Thobroni, M. (2016). Belajar dan pembelajaran: Teori dan praktik. Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Kencana.
Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.