Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Letwaru

  • Maichel Anaktototy Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Jems Sopacua Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: model pembelajaran inquiry, IPA, gaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada siswa kelas IV SD Negeri Letwaru. penelitian dilakukan dalam dua siklus, instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri tes awal dan tes akhir, lembar observasi dan lembar kerja sisiwa (LKS). Berdasarkan hasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dengan nilai rata-rata kelas 82,5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto & Suharsimi. (2015). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Abidin, Y. (2018). Desain pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.

Ahmad, S. (2020). Pembelajaran di sekolah dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Al-Tabani, A. (2014). Desain pembelajaran inovatif. Prenada Media.

Anam, K. (2017). Pembelajaran berbasis inkuiri. PT Bumi Aksara.

Bell, R. L. (2017). Inquiry as an instructional strategy: An overview. Science Education.

Coffman, T. (2018). Using inquiry in the classroom: Developing creative thinkers and information literate students. Rowman & Littlefield.

Hanafiah, N., & Sudjana, N. (2010). Strategi pembelajaran aktif. PT Refika Aditama.

Joyce, B., & Weil, M. (2018). Models of teaching. Pearson Education.

Killen, R. (2019). Effective teaching strategies: Lessons from research and practice. Cengage Learning.

Priansa, D. J., & Donni. (2017). Model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Alfabeta.

Slavin, R. E. (2020). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Prenada Media.

Wardoyo, C. (2015). Strategi pembelajaran di sekolah dasar. Pustaka Pelajar.

Woolfolk, A. (2021). Educational psychology. Pearson.

Published
2022-03-26