Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas V SD Kristen Kaiwatu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa Kelas V SD Kristen Kaiwatu di mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan tipe penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini di lakukan di SD Kristen Kaiwatu Kecamatan Pulau Moa. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Kristen Kaiwatu yang berjumlah 21 Orang yang terdiri dari laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Pembelajaran PKn dengan model pembelajaran group investigation diperoleh kesimpulan bahwa pada siklus I, Prestasi Belajar siswa memperoleh sebesar 81%, sedangkan pada Siklus II Prestasi Belajar siswa memperoleh sebesar 95%, dan presentase nilai uji normal gain siswa terlihat bahwa sebanyak 21 siswa (100%) dalam kategori tinggi, tidak terdapat siswa dalam kategori sedang dan kategori rendah, dengan rata-rata nilai <g> siswa siswa 2,14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran group investigation pada Siswa Kelas V SD Kristen Kaiwatu dikatakan berhasil
Downloads
References
Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.
Asma, N. (2006). Model pembelajaran kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Budimansyah. (2007). Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Siswa Kelas V SD (Tesis S-2). Malang: Universitas Negeri Malang.
Christina , L.V., & Firosalia, K. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas. Scholaria. Vol. 6. No. 3. September 2016: 217-230.
Hopkins, D. (2008). A teacher’s guide to classroom research. Open University Press.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003. tentang System Pendidikan Nasional.
Desmita. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.
Good, T. L., & Jere, E. B. (2004). Educational psychology : a realistic approach. Fourth edition. Longman.
Hamalik, O. (1990). Sistem intership kependidikan teori dan praktek. Mandar Maju.
Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Huda, M. (2011). Cooperative learning. Pustaka Pelajar.
Imas, K., & Berlin, S. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Kata Pena.
Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Pustaka Pelajar.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Rafika Aditama.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo.
Maimunah. (2005). Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Purwanto, N. (2003). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, N. (2008). Evaluasi Prestasi Belajar. Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2022 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.