Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SD Kristen Bebar Timur
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SD Kristen Bebar Timur. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Kelas IV SD Kristen Bebar Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV adalah 13 Orang. Data penelitian yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa dan dokumentasi. Terjadi penigkatan hasil belajar siswa dari tes awal terlihat 30 meningkat menjadi 54 pada siklus I dan ketuntasan klasikal menjadi 100% pada siklus II.
Downloads
References
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. ALFABETA.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Baharuddin. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Indrawan, D., & Ichsan, I. (2021). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort di Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2099–2107. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1033
Mashudi, & Azzahro, F. (2019). Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 2 Jember Dan SMP Negeri 3 Jember. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 21–39.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Muhibbin, S. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Rustaman, N. (2001). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sardiman, A. M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajawali.
Susanto, A. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2022 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.