Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model CTL Siswa Kelas V SD Negeri 1 Weet Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya

  • Elisabet Saiklela Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Sarah Sahetapy Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Dovila Johansz Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: model ctl, hasil belajar siswa, keterampilan berbicara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan keterampilan berbcara dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa kelas V SD Negeri 1 Weet dengan subjek penelitian sebanyak 12 Siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus dengan nilai rata-rata siklus I yaitu terdapat empat siswa atau 34%  terkategori “baik”,  empat siswa atau 33% terkategori “ cukup”  dan empat  siswa atau 33% terkategori “ kurang “. Sedangkan jika ditinjau dari hasil dan ketuuntutasan belajar yaitu ketercapaian nilai  ketuntatasan  atau  nilai  rata-rata  adalah 60,9%. Disimpulkan bahwa dalam siklus I ketuntasan belajar belum memenuhi standar  KKM 65% dan Pada siklus II terdapat peningkatan yaitu terdapat tiga  siswa atau 33% yang terkategori “sangat baik”  dalam keterampilan berbicara, delapan siswa atau 66% yang terkategori “ baik”, dan satu siswa atau 1% ”cukup”. Jika ditinjau dari segi hasil belajar, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah sebanyak 12 orang atau 100%, hasil ini menjelaskan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dikategorikan berhasil mencapai KKM 63.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Daryanto. (2013). Inovasi pembelajaran. Gava Media.

Hidayat, A. (2021). Metode Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Bahasa. Edupress.

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Corwin Press.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Nurhadi. (2016). Pembelajaran kontekstual dan implementasinya dalam kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Rahmawati, L. (2018). Bahasa dan Interaksi Sosial dalam Pembelajaran. Media Ilmu.

Rianti, A. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Gramedia.

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.

Setiawan, D. (2017). Penerapan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa. Edukasi Press.

Suherman, U. (2020). Bahasa Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Modern. Deepublish.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widianti, R. (2015). Metode Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Pendidikan Modern. Pustaka Edukasi.

Published
2025-03-03