Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V SD Kristen Patti

  • Dicki Porumau Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Melvie Talakua Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Renny Souhoka UProgram Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: hasil belajar, group investigation, ptk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Kristen Patti, Kabupaten Maluku Barat Daya.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dan lembar tes. Hasil belajar dari tes awal, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada siklus I dengan rens nilai rata-rata 37,3 meningkat menjadi 54,6 dan pada siklus II menjadi 73,00. Dengan demikian berdasarkan hasil belajar siklus II maka pembelajaran dikatakan berhasil karena 100% siswa memiliki nilai >65 atau mencapai KKM yang telah ditetukan. Dengan demikian maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Kristen Patti, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill Education.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: the classification of educational goals. Longmans Green.

Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: mengajarkan konten dan keterampilan berpikir kritis. Pearson.

Gillies, R. M. (2016). Cooperative learning: review of research and practice. Springer.

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Hamzah. (2011). Penelitian tindakan kelas. Alfabeta.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative learning in the classroom: research and strategies. Interaction Book Company.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching. Pearson.

Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: a comprehensive framework for effective instruction. ASCD.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. PT Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan bangsa. Pustaka Pelajar.

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology. McGraw-Hill.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: theory, research, and practice. Allyn & Bacon.

Suryabrata, S. (1984). Psikologi Pendidikan. Rajawali Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: the development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Woolfolk, A. (2020). Educational psychology: active learning edition. Pearson.

Published
2023-04-17