Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pkn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Yatoke
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perencanaan dalam meningkataan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IV SD Kristen Yatoke Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Kristen Yatoke pada Tahun 2022/2023 sebanyak 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data di lakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas di lakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Hasil penelitian belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkat. Hal ini dapat terlihat dari persentase penugasan materi (KKM) dimana pada pertemuan pertama penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kristen Yatoke yang berjumlah 17 siswa. kemudian data inidi analisis dengan menggunakan rumus presentase, hasil belajar observasi siswa pada siklus I sebesar 40% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 77% (Baik).
Downloads
References
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. McGraw-Hill.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Harvard University Press.
Darmawan, F. (2016). Pendidikan dan Pembelajaran di Era Modern. Pustaka Edukasi.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Educational Psychology: Windows on Classrooms. Pearson.
Fahmi, D. (2016). Metode Pembelajaran yang Efektif. CV Karya Mandiri.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2014). Cooperation in the Classroom. Interaction Book Company.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching. Pearson.
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent: The Future of Education. Grossman Publishers.
Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology. McGraw-Hill.
Schunk, D. H. (2019). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson.
Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Bacon.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif. Prestasi Pustaka.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Woolfolk, A. (2020). Educational Psychology. Pearson.
Copyright (c) 2023 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.