Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Strategi The Power Of Two Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kokwari
Abstract
Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang penting dan perlu diberikan atau diajarkan kepada siswa di sekolah mulai dari sekolah dasar tingkat rendah hingga tingkat tinggi. Bahasa Indonesia juga mempunyai kedudukan dan fungsi di dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Dengan adanya pembelajaran bahasa Indonesia yang dimulai dari tingkat sekolah dasar dapat mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan baik dilingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 6 sampai 8 Maret 2022 dikatakan kemampuan berbicara siswa SD Inpres Kokwari kelas V belum maksimal dikarenakan guru dalam proses belajar lebih menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, sehingga peneliti melihat banyaknya permasalahan-Permasalahan yang terdapat pada siswa, siswa sering merasa malu dan merasa gugup ketika diminta untuk berbicara di depan kelas, kurangnya perhatian guru kepada siswa dalam keterampilan berbicara, bahasa yang digunakan tidak teratur menyebabkan informasi yang disampaikan menjadi kurang efektif dan pendengar sulit memahami isi pembicaraan secara tepat.
Downloads
References
Arikunto, & Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. , Jakarta: Bumi Aksara.
Djuanda, D. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. UPI Press.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam pemebalajaran Bahasa. Dadiktika: Jurnal Pendidikan.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatik. Pustaka Pelajar.
Lie, A. (2008). Cooperative learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Grasindo.
Martaulina, S. D. (2018). Bahasa Indonesia Terapan. Deepublish.
Nuraeni, E. (2010). Buku Pintar Bahasa Indonesia untuk Kelas 4, 5, & 6 SD. Jakarta: PT. Wahyumedia
Suprijono, A. (2013). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Angkasa Bandung.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.
Tyas, F. N. (2014). Penerapan Program Evaluasi Diri Sekolah (EDS) (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Gresik). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 89–99.
Yusuf, H. (2017). Perubahan Kurikulum, Penelitian Tindakan Kelas Serta Strategi Pembelajaran Efektif Antara Proses, Dampak, dan Hasilnya. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1), 1–25. https://onesearch.id/Record/IOS5110.article-123?widget=1&repository_id=5110#holdings
Copyright (c) 2023 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.