Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Syota Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya

  • Tiomarens Pajara Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Sefanya Sairiltiata Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Jekriel Septory Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: group investigation, hasil belajar, ptk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa  Kelas IV SD Negeri Syota kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas. Subjek Penlitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Syota yang berjumlah 12 siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat peningkatan nilai rata-rata siswa secara keseluruhan. Dari hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa hasil tes yang diperoleh siswa mengalami peningkatan, yaitu pada tes awal (20 %), pada siklus I meningkat menjadi (60 %) dan meningkat menjadi (100 %) pada siklus II. Selain hasil belajar siswa, hasil observasi dan hasil wawancara juga menunjukan bahwa pada umumnya siswa, dan guru sangat tertarik dengan penerapan model pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS dengan keragaman suku bangsa dan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2010). Penelitian tindakan kelas untuk guru SD, SLTP, DAN SLTA. Yrama Widya.

Birsyada, R. (2016). Pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penerbit XYZ.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Marzuki, M., Azis, A., & Sari, S. S. (2020). Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1), 1. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15278

Mashudi, & Azzahro, F. (2019). Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 2 Jember Dan SMP Negeri 3 Jember. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 21–39.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069

Purwanto, M. N. (2011). Evaluasi hasil belajar. Remaja Rosdakarya.

Suprihatin, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Suprijono, A. (2016). Cooperative learning: teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Pengembangan pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kencana Prenada Media Group.

Yulitha, R. (2017). Model pembelajaran kooperatif group investigation untuk peningkatan hasil belajar siswa. Universitas Negeri Surabaya.

Published
2023-04-17