Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas V SD Negeri Moain
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapana model pembelajaran berbasis portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V (Lima) SD Negeri Moain. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Moain yaitu sebanyak 13 siswa. Instrument pengumpulan data dengan lembaran instrumen, wawancara dan tes. Untuk menaganlisis data dilakukian dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari tes awal, tes akhir siklus satu dan tes akhir siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada tes awal 3 Siswa (23,03%) meningkat menjadi 7 siswa (63,63%) pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada silkus II. Hasil belajar siswa berdasarkan tes akhir siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto, & Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. , Jakarta: Bumi Aksara.
Budimansyah. (2022). Modal Pembelajaran dan Penilaian. Remaja Rosda Karya.
Darmayanti, N. P. D., Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education., 2(3), 228–236.
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Esti Wuryani Djiwandono, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Gramedia.
Hasibuan, H. M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Logaritma, II(01), 1–12.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Muspawi, M., & Anesa, L. (2020). Students’ Interest in Pursuing Education: Evidence From the Perspective of Learning Motivation and Parents’ Socio-Economic Status. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(1), 158. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i13
Remaja, D. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2011). Model-`Model Pembalajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Sujana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Widiastuti, N. E. (2021). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Indonesia Journal of Sociology, Education and Development, 3(2), 80–86.
Copyright (c) 2023 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.