Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Kelas V Siswa SD Kristen Kiera
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Kristen Kiera. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Kristen Kiera Semester Ganjil pada Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 8 orang Perempuan dan 10 orang Laki-laki. Penelitian ini bertempat di SD Kristen Kiera Kelas V Kecamatan Moa Lakor. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yang mencapai ketuntasan klasikal terlihat bahwa 33,33% siswa yang memperoleh nilai yang mencapai KKM 65, meningkat pada siklus I mejadi 77,77% siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM, dan terjadi peningkatan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa menjadi 100%. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas V SD Kristen Kiera.
Downloads
References
Akbar, R. (2009). Pembelajaran dan strategi mengajar. Rineka Cipta.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Learning motivation as determinant student learning outcomes (Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Aprido, B. S., Wahono, W., & I Gusti Made Sanjaya. (2020). Innovative Learning Model: Improving The Students’ Scientific Literacy Of Junior High School. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(3), 271–285. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i3.55
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Marzuki, M., Azis, A., & Sari, S. S. (2020). Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1), 1. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15278
Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Adminstrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 45–67.
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Getter, R., & Rowe, M. (2008). Cooperative learning strategies in science education. McGraw-Hill.
Lie, A. (2008). Cooperative learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Grasindo.
Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Adminstrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 45–67.
Nurhadi, D., & Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam kurikulum berbasis kompetensi. Universitas Negeri Malang Press.