Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya di Kelas IV SD Negeri 1 Weet

  • Evalina Maadara Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Melvie Talakua Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: discovery learning, hasil belajar, gaya, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi gaya di kelas IV SD Negeri 1 Weet. Model Discovery Learning menekankan keterlibatan aktif siswa dalam menemukan konsep melalui pengalaman langsung dan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep gaya, yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada setiap siklus. Dengan demikian, model Discovery Learning efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterlibatan aktif dan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. (2018). Learning to teach. McGraw-Hill.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta.

Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21-32.

Bruner, J. (2019). The process of education. Harvard University Press.

Bloom, B. S. (2016). Taxonomy of educational objectives: the classification of educational Goals. Longman.

Junaedi, D. (2020). Model pembelajaran inovatif. Pustaka Pelajar.

Gagne, R. M. (2020). Principles of instructional design. Holt, Rinehart & Winston.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2018). Models of teaching. Pearson.

Kemendikbud. (2019). Kurikulum 2013: Konsep dan implementasi. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Hasbullah. (2017). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Rajawali Pers.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.

Kurniawan, D. (2017). Filsafat pendidikan. Prenada Media.

Jana, P. (2020). Strategi pembelajaran efektif. Erlangga.

Piaget, J. (2017). The psychology of Intelligence. Routledge.

Schunk, D. H. (2019). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson.

Sudjana, N. (2018). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Vygotsky, L. (2018). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes Harvard University Press.

Published
2022-04-26