Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Weet
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubaham wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V SD Negeri 1 Weet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Lokasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian ini berlokasi pada SD Negeri 1 Weet. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 1 Weet sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Hasil tes pada siswa terlihat adanya perningkatan tes awal ketuntasan klasikan menunjukan bahwa 4 (26) siswa yang mencapai KKM yang ditentukan meningkat pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikan 9 (60%) kemudian pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan pada ketuntasan secara klasikan 15 (100%) siswa memperoleh nilai mencapai KKM yang ditentukan. Hal ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berdampak positif terhadap proses pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Weet pada materi perubahan wujud benda
Downloads
References
Arends, R. I. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill.
Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21-32.
Fitriyati, D., Setyarsih, W., & Lestari, A. (2017). Pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 45-52.
Hamalik, O. (2011). Psikologi belajar dan mengajar. Bumi Aksara.
Joyce, B., & Weil, M. (2009). Models of teaching. Pearson.
Maa, S. (2018). Psikologi pendidikan: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 225-234.
Ratumanan, G. (2011). Evaluasi hasil belajar yang relevan dengan kurikulum berbasis kompetensi. Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2014). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. (2010). Strategi pembelajaran yang efektif dalam pendidikan. UNY Press.
Suprijono, A. (2010). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Uno, H. B. (2013). Teori motivasi dan pengukurannya. Bumi Aksara.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Pendidikan IPA dalam konteks kehidupan sehari-hari. Pustaka Media.
Wina, S. (2011). Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Kencana.
Copyright (c) 2022 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.