Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat

  • Yokbeth Laitera Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Johanis Takaria Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • La Suha Ishabu Program Studi PGSD, PSDKU Kab. Kepulauan Aru, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: hasil belajar, collaborative problem solving, pembelajaran matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) di Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Kristen Kaiwatu pada tahun ajaran 2023–2024. Data dikumpulkan melalui observasi, diskusi, dan wawancara, sedangkan kegiatan penelitian dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CPS berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar serta perkembangan karakter peserta didik di SD Kristen Kaiwatu. Selain itu, metode ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam menyelesaikan masalah secara kolaboratif, sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis kolaborasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam (2021). Strategi pembelajaran aktif meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas proses belajar. Adam College of Education. https://adamcollegeofeducation.com/strategi-pembelajaran-aktif-meningkatkan-keterlibatan-siswa-dan-efektivitas-proses-belajar/

Aisyah, E. S., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan prestasi belajar matematika siswa antara yang mendapatkan model active learning tipe giving question and getting answer dengan konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–24.

Allen, M. J., & Yen, W. M. (2001). Introduction to measurement theory. Waveland Press.

Anas Salahudin. (2011). Filsafat pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ariffin, H. F., Bibon, M. F., & Abdullah, R. P. S. R. (2012). Restaurant's atmospheric elements: What the customer wants. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 38, 380–387.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2020). What works in character education: Research-based practices for educators. Routledge.

Fazli, M. (2022). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap minat pengguna jasa pengiriman JNE pada Desa Sei Apung Kabupaten Asahan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2020). Cooperative learning: Improving university instruction by basing practice on validated theory. Journal on Excellence in University Teaching, 31(2), 21-38.

Kohlberg, L. (2020). The philosophy of moral development: Moral stages and the idea of justice. Harper & Row.

Lickona, T. (2020). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Marlina, L. (2014). Pengaruh model pembelajaran collaborative problem solving terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Mayer, R. E. (2022). Multimedia learning: Principles and applications. Cambridge University Press.

Nucci, L. P., & Narvaez, D. (2021). Handbook of moral and character education. Routledge.

Prihandoka, A. C. (2006). Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikannya dengan menarik. Depdiknas.

Putri, D., & Wibowo, A. (2023). Pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran: Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode yang beragam. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(2), 45-60.

Revo, E. (2021). Manajemen kelas dalam pembelajaran: Strategi efektif untuk guru. Revo Edu. https://revoedu.org/manajemen-kelas-dalam-pembelajaran-strategi-efektif-untuk-guru/

Santoso, B. (2022). Penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(1), 25-40.

Sari, D. P. (2017). Berpikir matematis dengan metode induktif, deduktif, analogi, integratif, dan abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Solihat, H. K., dkk. (2017). Analisis sikap generasi milenial terhadap minat beli produk online pada e-commerce.

Slavin, R. E. (2021). Educational psychology: Theory and practice (13th ed.). Pearson.

Suprijino, A. (2009). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, R. (2020). Manajemen kelas dan peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Pustaka Edukasi.

Published
2023-11-28