Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V SD Negeri Moain
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas V SD Negeri Moain. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dimana penelitian ini menemukan penyebab yang memungkinkan terjadinya suatu perubahan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri Moain, Kabupaten Maluku Barat Daya. Waktu penelitian mulai dari tanggal 17 Juli sampai September 2022. Berdasarkan hasil penelitian penulis mendapatkan hasil bahwa gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar murid kelas V mata pelajaran PPKn dimana hasil korelasi sangat kuat untuk variabel gaya belajar yaitu sebesar 0,96. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu diperoleh bahwa variabel gaya belajar (X) memberi pengaruh sebesar 92,16% maka hipotesis alternative (HI) dapat diterima.
Downloads
References
Attihad, A. Z . (2007). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2005). Pembinaan Profesionalisme Tenaga (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.
Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Diswantika, N., & Tanod, M. J. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Madrasah Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 72-79.
Djara Jean Imaniar. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 59-69.
Dryden. (2001). Refolusi Cara Belajar: Belajar Akan Efektif Kalau Anda Dalam Keadaan “Fun”. Mizan Media Utama.
Faisal, Sadam Murron. (2013). Penerapan Metode Permainan Simulasi Dalam Pembelajaran PPkn Untuk Menumbukan Etikan Warga Negara Pada Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa TSM XP-B SMK Mediacom). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Faisal, S. (1990). Penelitian Kualitatif (Dasar-dasar dan Aplikasi). Ya3 Malang.
Mufidah, L. L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(2), 245-260.
Pramesti, N. M. I., & Ratnadi, N. M. D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial Dan Gaya Belajar Kinestetik Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30 (1), 130-146.
Rachmawati, Nisa Dian dan Wayudin Noe. (2014). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Sekolah Dasar Negeri Sumber Jaya 04 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Pedagogik. 1(2), 20-25).
Sari, A. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic. 1(1), 1-12.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widayah, S. N. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Sdn Gugus Dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. SKRIPSI.
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bumi Aksara.
Winataputra, U. (2006). Materi dan Pembelajaran PKN SD. Alfabeta.
Copyright (c) 2023 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.