Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Brain Writing Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Werwaru

  • Oktovianus Meikudy Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Sarah Sahetapy Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Dovila Johansz Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: mind mapping, hasil belajar, pkn

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik Brain writing pada siswa kelas IV SD Inpres Werwaru, penelitian dialakukan dalam dua siklus instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar awal dan tes akhir, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan nilai rata-rata kelas 80,35.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. (1997). Isi dan Strategi Pengajaran. Mega Press.

Arikunto (2003). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bogdan, T. (1988). Qualitatif research for edukation: an intruduction to. Allyin and Bacan Inc.

Darmadi, K. (1996). Meningkatkan kemampuan menulis. Andi Offset.

Kemmis & Targat. (1988). The action research plamer deakin. Deakin University.

Marwoto. (1987). Komposisi praktis. Hanindita.

Michalko, M. (2004). Permainan berpikir (thinkertoys). Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2002). Metode penelitian kualitatif. CV. Remaja.

Rahmanto, B. (1988). Metode pengajaran sastra. Kanisius.

Sayuti, S. (2008). Berkenalan dengan Puisi. Gama Media.

Sitomurang. (1980). Puisi dan metodologi pengajarannya. Nusa Indah.

Tarigan, H.G. (1994). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Erlangga.

Published
2023-11-30