Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas V SD Negeri Moain Kabupaten MBD

  • Welmina Tiaumessa Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Johanes Pelamonia Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Melati I. S. Umarella Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar IPA, ekosistem

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan  model pembelajaran inkuiri  untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Materi Ekosistem  pada siswa kelas V SD Negeri Moain dengan subjek penelitiannya adalah sebanyak 12 orang siswa dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus dengan presentase siklus I sebesar 58,33% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa  dan belum tuntas sebanyak 5 siswa. Kemudian presentase untuk siklus II sebesar 80,41% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri  untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Ekosistem  pada siswa kelas V SD Negeri Moain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (2017). Dasar-dasar pendidikan. Pustaka Edu.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2008). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Bruner, J. S. (1960). The process of education. Harvard University Press.

Dewey, J. (1938). Experience and education. Macmillan.

Djamarah, S. B. (2015). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2016). Educational psychology: Windows on classrooms (10th ed.). Pearson.

Hamadani, D. (2017). Psikologi Belajar. Deepublish.

Hasubun, M. (2017). Teori pendidikan dan implementasinya dalam pembelajaran. Deepublish.

Haryanto, A. (2011). Model pembelajaran aktif di sekolah dasar. Remaja Rosdakarya.

Istiqomah, N. (2017). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 67-78.

Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Joyce, B., & Weil, M. (2015). Models of teaching (9th ed.). Pearson.

Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. Alexandria, VA: ASCD.

Nawawi, H. (2015). Metode penelitian bidang sosial. Gadjah Mada University Press.

Ormrod, J. E. (2020). Human learning (8th ed.). Pearson.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.

Slavin, R. E. (2014). Educational psychology: Theory and practice (11th ed.). Pearson.

Suendarti, R. (2017). "Peningkatan hasil belajar IPA melalui model jigsaw pada siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 45-58.

Santrock, J. W. (2019). Educational psychology (6th ed.). McGraw-Hill.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Yeyet, R. (2021). Efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(3), 90-105.

Published
2023-11-30