Efektifitas Penggunan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Air Pada Kelas V SD Negeri Wakarleli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran pop up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas 5 SD Negeri Wakarleli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan konsep siklus air yang sering kali sulit dipahami tanpa bantuan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop up book secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes awal, hanya 4 siswa (40%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 12 siswa (60%), dan pada siklus II, seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan. Pendekatan pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran juga mendorong interaksi aktif antar siswa, sehingga meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan kerja sama. Berdasarkan hasil ini, media pop up book dapat direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Downloads
References
Abidin, Y. (2018). Desain pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.
Akbar, S. (2009). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Badri, M. (2012). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi. PT Indeks.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2000). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. Routledge.
Rulyansah, A. (2019). Efektivitas media pembelajaran berbasis pop-up book terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III A SD Mutiara Singaraja. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 89-98.
Simbolon, R. (2021). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar IPA siswa SD Winduhaji. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-56.
Suduki, A. (2018). Psikologi pembelajaran: Teori dan aplikasi dalam pendidikan. Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2013). Perkembangan anak usia dini. Kencana Prenada Media.
Syofyan, H. (2020). Pengembangan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Syalom. Jurnal
Teknologi Pendidikan, 12(3), 112-124.
Wardani, I. G. A. K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Alfabeta.
Copyright (c) 2024 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.