Efektifitas Penggunan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Air Pada Kelas V SD Negeri Wakarleli

  • Rode Penina Koupun Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Renny Souhoka Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Lestari Lestari Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: efektifitas, media pop up book, siklus air, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan  media  pembelajaran  pop  up book  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  materi  siklus  air  di  kelas  5  SD  Negeri  Wakarleli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  pentingnya  penguasaan  konsep  siklus  air  yang  sering  kali  sulit dipahami  tanpa  bantuan  media  pembelajaran  yang  menarik  dan  interaktif.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  dengan  dua  siklus,  yang  meliputi  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop up book secara signifikan meningkatkan  hasil  belajar  siswa.  Pada tes awal,  hanya  4  siswa  (40%)  yang mencapai  Kriteria  Ketuntasan  Minimal  (KKM).  Setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan  klasikal meningkat  menjadi  12  siswa  (60%),  dan  pada  siklus  II,  seluruh  siswa  (100%)  mencapai  ketuntasan. Pendekatan pembelajaran kooperatif yang  diterapkan  dalam  proses  pembelajaran  juga  mendorong interaksi  aktif  antar  siswa,  sehingga  meningkatkan  pemahaman  konsep,  kemampuan  berpikir  kritis, dan  kerja  sama.  Berdasarkan hasil ini, media  pop  up book  dapat  direkomendasikan  sebagai  alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2018). Desain pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.

Akbar, S. (2009). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Badri, M. (2012). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi. PT Indeks.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2000). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. Routledge.

Rulyansah, A. (2019). Efektivitas media pembelajaran berbasis pop-up book terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III A SD Mutiara Singaraja. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 89-98.

Simbolon, R. (2021). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar IPA siswa SD Winduhaji. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-56.

Suduki, A. (2018). Psikologi pembelajaran: Teori dan aplikasi dalam pendidikan. Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Perkembangan anak usia dini. Kencana Prenada Media.

Syofyan, H. (2020). Pengembangan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Syalom. Jurnal

Teknologi Pendidikan, 12(3), 112-124.

Wardani, I. G. A. K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Alfabeta.

Published
2024-11-25