Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya

  • Yenliv Dimilia Paliaky Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Marleny Leasa Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Renny Souhoka Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: media pop-up book, hasil belajar, ptk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar IPAS siswa. Menggunakan desain one group pretest-posttest, sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VA SD Negeri 2 Tiakur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi, lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar, dengan rata-rata pretest 40,15 dan posttest 73,99. Uji Paired Samples T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga media pop-up book terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Analisis N-gain menunjukkan mayoritas siswa berada dalam kategori peningkatan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Strategi pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Pustaka Ilmu.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Nancy, R., & Rondha, M. (2012). Interactive Pop-Up Book for Early Childhood Learning. Journal of Educational Media, 10(2), 45-60.

Nikmah, S. (2019). The Effectiveness of Pop-Up Book Media in Science Learning. Journal of Elementary Education, 15(3), 250-263.

Pratama, R. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan.

Rustaman, N. (2001). Pembelajaran Sains Berbasis Konstruktivisme. SKRIPSI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Winda, S. (2022). Media Pop-Up Book dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 112-125.

Zumrotun, A. (2022). Pemanfaatan Media Pop-Up Book dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 98-110.

Published
2024-11-25