Implementasi Model Pembelajaran Carousel Feedback Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri Tiakur

  • Joy Mores Saununu Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Fransheine Rumtutuly Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Leonid Ritiauw Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: model carousel feedback, hasil belajar, ptk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Carousel Feedback dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri Tiakur. Penelitian ini berupa tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas V berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas: pada pra-siklus sebesar 59,5, siklus I menjadi 62,83, dan siklus II menjadi 73,16. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM meningkat dari 10 orang pada pra-siklus menjadi 26 orang pada siklus II. Persentase ketuntasan juga meningkat, yakni 33,3% pada pra-siklus, 56,6% pada siklus I, dan 86,6% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tiakur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-30