PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENUNTUN IDENTIFIKASI DIKOTOMIS ATAS DASAR MORFOLOGI CANGKANG GASTROPODA PADA SMA NEGERI 10 AMBON

  • Ince Wattimury Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Pattimura
  • F. Leiwakabessy Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Pattimura
  • H. Tuaputty Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Pattimura
Keywords: Modul, Inkuiri Terbimbing, Penuntun IdentifikasiDikotomis, Morfologi, Cangkang, Cangkang, Gastropoda, Hasil belajar

Abstract

Penerapan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing dengan menggunakan penuntun identifikasi dikotomis atas dasar morfologi cangkang gastropoda merupakan solusi bagi guru untuk merancang proses pembelajaran yang berpusatpada siswa. Modul yang dikemas dengan baik dan menarik dapat memotivasi siswa untuk belajar mandiri,inovatif dan kreatif. Selain itu penerapan modul pembelajaran ini juga dapat menjadi sumber informasi bagi guru dan siswa dalam mempelajari materi gastropoda.  Tujuan penelitian ini adalah ; 1) untuk mengetahui Efektifitas dari modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terimbing dengan menggunakan penuntun dikotomis atas dasar morfologi cangkang pada SMA Negeri 10 Ambon, 2) untuk mengetahui Pengaruh penggunaan modul berbasis inkuiri terbimbing dengan mengunakan penuntun identifikasi dikotomis atas dasar morfologi cangkang terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Ambon, 3) untuk mengetahui Pengaruh ketrampilan proses sains berbantuan modul terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Ambon. Analisis data dibantu dengansoftware SPSS 18 for Windows, dilakukan pada taraf signifikansi 0,05 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukan; 1) rerata N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,71 dalam kategori tinggi lebih besar dari kelompok kontrol yang mencapai N-gain 0,47 termasuk kategori sedang. Hasil ini mengindikasikan bahwa kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan modul lebih efektif dari kelompok kontrol yang tidak menggunakan modul. 2) Berdasarkan uji statistik independenα = 0,05 terlihat bahwa Sig. (0,001) lebih kecil 0,05. berarti Ho ditolak, sehingga dibuat keputusan terdapat perbedaan posttesthasil belajar biologi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing dengan menggunakan penuntun identifikasi dikotomis atas dasar morfologis cangkang gastropodadan tanpa menggunakan modul. 3) Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan α = 0,05 diperoleh nilai Sig. (0,000) lebih kecil dari 0,05 sehingga dibuat keputusan Ho ditolak dan menerima H1 yang berarti bahwa terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap hasil belajar biologi siswa. Dalam melihat seberapa besar kontrubusi keterampilan proses sains terhadap hasil belajar biologi siswa dengan bantuan modul penuntun, maka dilihat nilai sebesar 0,63 atau 63%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-08