Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Jekriel Septory Program Studi PGSD, PSDKU Kab. MBD, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: media audio visual, hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi keutuhan Negara Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Kristen 2 Waimahu. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket, lembar observasi, dan tes. Peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan media audio visual dapat terlihat dari hasil belajar siswa dari siklus I yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar 40% menjadi 60% pada siklus II dan pada siklus III 100%. Demikian pula dengan nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 66,22 pada siklus I menjadi 74,66 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 85, 33. Saran yang diberikan bahwa hendaknya guru mata pelajaran PKn dapat memanfaatkan media audio visual sebagai salah satu media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33

Hujair A.H. Sanaki. (2011). Media pembelajaran. Yogyakarta: Elmatera Publishing. Laaser, W., & Toloza, E. A. (2017). The changing role of the educational video inhigher distanceeducation. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(2), 264–276. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i2.3067

Mulyasa. (2006). Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Laboratorium PKn FPIPS-UPI.

Pavlovich, A. E., & Marina, V. (2015). Use of audiovisual texts in university education process. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1S2),31–35. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s2p31.

Robandy. (2005). Desain Sistem Tenaga Moderen. Andy.

Sumayana, Y. (2015). Penggunaan Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mengenal Sejarah Uang. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1),90-98. DOI:http://dx.doi.org/10.17509/mimbarsd.v2i1.1335.

Wahab, Abdul Aziz. (1997). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Depdikbud.

Widaryanto & Sulfemi, W.B. (2016). Korelasi Penguasaan TIK Guru dengan Kemampuan TIK Peserta didik. Edutecno, 14(1).1-10

Winkel. (1999). Psikologi Pendidikan. Unnes.

Wina, S. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Kencana.

Published
2021-04-19