Problematika Managemen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Serta Isu-Isu Dalam Menilai, Mengkritisi, dan Mensintesis Temuan
Abstract
Keterampilan komunikasi merupakan aspek penting yang harus dikuasai peserta didik, khususnya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra. Keterampilan ini mendukung kemampuan abad 21 seperti kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas. Melalui Bahasa dan Sastra, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi akurat, menyaringnya, dan menggunakannya untuk pengembangan diri. Namun, pembelajaran Bahasa dan Sastra masih menghadapi berbagai tantangan. Optimalisasi literasi menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa menemukan informasi secara mandiri, menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, dan berinteraksi dalam suasana yang menyenangkan.
Downloads
References
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar isi dan standar kompetensi Lulusan Tingkat Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: PT Binatama Raya.
Eggen, P. (2012). Strategi dan Model pembelajaran. PT. Indeks. http://kompetensi.info/coretan-opini-civitas/permasalahan-pengembangan-kurikulum-di-sekolah.html
Karwati, E., & Priansa, D.J. (2014). Manajemen kelas guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi. Alfabeta.
Pah, D.N. (1984). Interpersonal Commication. Proyek Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan.
Pribadi, B. (2009). Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.
Rahman, S. (2017). Literasi Dalam Konteks Keterampilan Komunikasi Abad 21 Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahman. (2021). Keterampilan Guru Abad 21 dalam Variabel Keprofesionalan Guru. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahman. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Variabel Penguasaan Media Audio Visual. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru.
Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Yulianto, B. (2008). Aspek Kebahasaan dan Pembelajaran. Unesa University Press.