Penggunaan Metode Role Playing Untuk Menumbuhkan Aktivitas Belajar di Sekolah Dasar

  • Tri Syamsijulianto Program Studi PGSD, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi, Indonesia
  • Rizka Rayani Sekolah Dasar Negeri 09 Serangkang, Indonesia
Keywords: aktivitas belajar, mata pelajaran ips, metode role playing

Abstract

Aktivitas belajar terhadap pembelajaran IPS serta masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data-data mengenai tumbuhnya aktivitas pembelajar IPS menggunakan metode role playing di sekolah dasar, Metode yang di gunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan siswa berjumlah 14 orang. Hasil persentase lembar aktivitas siswa siklus I pertemuan ke 1 dengan rata-rata 5,47 %,dan siklus I pertemuan ke 2 dengan rata-rata 6,16 serta lembar aktivitas siswa siklus II pertemuan ke 1 dengan rata-rata 6,88 dan siklus II pertemuan ke 2 dengan rata-rata adalah 7,29 penumbuhan antara siklus I pertemuan ke 1 dan siklus I pertemuan ke 2 dan siklus II pertemuan ke 1 dan siklus II pertemuan ke 2 adalah 25,8%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulan bahwa dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode role playing dapat menumbuhkan aktivitas pembelajar IPS di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Press.

Djamarah, Syaiful B. dan Azwan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Pustaka.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS: filosofi, konsep dan aplikasi. Alfabeta.

Giarthy. (2012). Penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan metode bermain peran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Muara Ilai Kecamatan Beduwai

Kabupaten Sangga, Skripsi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, h.57-58.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Haryanto. (2010). Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, (online)tersedia: http// belajarpsikologi.blogspot.com/pengertian-belajar menurut-para-ahli. (Tanggal akses 03 OKtober 2020 jam 06.53 WIT).

Ladousee, Porter Gillian. (1997). Role Play, University Press, Oxford.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan: jenis, metode dan prosedur. Kencana.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Somantri, M.N. (2011). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.

Sukardi, HM. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kela Implementasinya dan Pengembangan. PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.

Wijayanti, Radhitya Esti; Kristin, Firosalia; & Anugraheni, Indri. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantuan Boneka Wayang. 5 (1) (50-65).

Published
2021-04-19