Pengaruh Media Lingkungan Sekolah Berbasis Adiwiyata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

  • Wahyu Nugroho Program Studi PGSD, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Trenggalek, Indonesia
Keywords: media lingkungan, adiwiyata, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media lingkungan sekolah berbasis adiwiyata terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran pengaruh cuaca. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Polowijen 3 pada Kelas III Blimbing, Kota Malang, dengan sampel sebanyak 28 siswa. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode bentuk desain quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Penyajian Pengumpulan data hasil pengaruh penggunaan media lingkungan berbasis adiwiyata terhadap hasil belajar siswa menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Hasil analisis penelitian menghasilkan nilai Ttabel> Thitung sebesar 2,083.>1,335 yang menunjukkan bahwa media lingkungan sekolah berbasis adiwiyata berarti memiliki adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bahari, Ni., Darsana, I., DB, Putra. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal JISD: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2): 103-112.

Irlansari, Anisa, Hardati, Puji. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Berdasarkan Komponen Berbasis Lingkungan. Jurnal Edu Georaphy : Universitas Negeri Semarang. 7(3): 58 -70.

Prameswari, Kd., Wiyasa, I., Ganing, Ni. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan MediaLingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Mimbar PGSD: e-Journal Universitas PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2): 150 161.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Informasi Peraturan Perundang-Undangan, Sekertariat Kabinet Republik Indonesia (Online) (http://sipuu.setkab.go.id/), diakses 19 April 2021.

Undang-undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (Online) (http://kkp.go.id/), di akses 27 Januari 2021.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva Press.

Vera, Adelia. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Diva Press.

Setiawan, I. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geografi melalui Pengembangan Media Pendidikan. Jurnal Gea. Volume 6 Number 2. (2016). Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Published
2021-04-28