Pelaksanaan Metode Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Ambon

  • Wisnu Andipranata Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Susan Manakane Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Pembelajaran, Daring, Pandemi Covid19, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran daring dimasa pandemi Covid- 19 terhadap hasil belajar siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 ambon. adapun hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, sekolah dan program studi. Tipe penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian SMA Negeri 4 Ambon terletak di Jalan Wolter Monginsidi Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Ambon yaitu sejumlah 36 0rang dengan sampel sebanyak 11 orang siswa dan guru mata pelajaran geografi sejumlah 1 orang. Variabel penelitian yaitu, pembelajaran daring dan hasil belajar siswa. Teknik penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi, Teknik analisa data dalam penelitian ini yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif, data yang diperoleh kemudian disajikan dan dianalisis secara deskriptif- kualitatif.

Nilai tertinggi dari 36 siswa pada kolom pengetahuan ialah 86 sedangkan pada kolom keterampilan ialah 86, kemudian nilai terendah pada kolom pengetahuan ialah 84 sedangkan pada kolom ketrampilan nilai terendah ialah 83, Proses Pembelajaran daring yang dilaksanakan terdiri dari, Administrasi pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian Hasil dan Proses Pembelajaran, Pengawasan Proses Pembelajaran, dan Hasil Belajar siswa atau nilai rapot

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Catharina Tri

Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press. Covid,c.d.c.,& skof (2020) corona virus disease 2019 in children united states- United States.

Bintarto, & Hadisumarno. (1978). Metode Analisa Geografi. LP3ES Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Siswoyo, dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Hamalik. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda --karya.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Lasaiba, M. A. (2006). Evaluasi lahan untuk permukiman dalam pengembangan wilayah Kota Ambon. Tesis. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/31752

Lasaiba, M. A. (2012). Perubahan penggunaan lahan di kota Ambon tahun 2002-2009. Disertasi. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/54572

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Nana Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production. Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Yogyakarta: Teras,.

Ngalim Purwanto. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. andung: Remaja Rosda Karya. Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge

Media. Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri. Nana Sudjana, 2010. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Oemar Hamalik. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Sugihartono. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono, O. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D: CV. Bandung

Sumantri. 2015 Strategi pembelajaran. Jakarta:

Kharisma Putra Utama Syaiful Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung:

Alfabeta Yusuf Bilfaqih dan M. Nur Qomarudin.2015.Esensi Pengembangan Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Yunus, H. S. (2005). Manajemen Kota Dari Perspektif Spasial. Yogyakarta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 UU Sisdiknas Pasal 3 No. 20 Tahun 2003

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/FAQ-Coronavirus.html https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/08/111600371/kurikulum-darurat-2-hal-ini-jadi-tolok-ukur-penilaian-siswa-selama-pandemi?page=all. https://sman4-ambon.sch.id

Published
2022-06-26
How to Cite
Andipranata, W., & Manakane, S. (2022). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Ambon. GEOFORUM Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 1(1), 12-25. https://doi.org/10.30598/geoforumvol1iss1pp12-25
Section
Articles