ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MEMBUAT PEMODELAN MATEMATIKA

Keywords: analisis kesalahan, penyebab, membuat model, pemodelan matematis

Abstract

Pemodelan merupakan tahap penting dalam penyelesaian masalah matematika, terutama pada jenis soal cerita. Namun demikian, proses pemodelan seringkali menjadi masalah utama bagi siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa SMP dalam membuat pemodelan matematika dan faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Modo, Lamongan pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang terjadi adalah siswa tidak dapat mengidentifikasi variabel-variabel soal, membuat asumsi yang salah, dan membentuk persamaan yang tidak mewakili masalah. Penyebab internal kesalahan tersebut adalah tidak memahami komponen-komponen masalah, menggunakan nalar atau insting sendiri dalam menyelesaikan soal cerita, tidak memperhatikan keterkaitan antar komponen masalah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah tingkat kesulitan soal yang diberikan cukup tinggi dan kurangnya sumber referensi yang memadai

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ali Shodikin, Universitas Islam Darul Ulum

Mathematics Education Department, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP)

References

Amala, M. A & Ekawati, R. (2016). Profil Proses Matematisasi Horizontal dan Vertikal Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 301– 309.

Ang, K. C. (2001). Teaching mathematical modelling in Singapore schools. The Mathematics Educator, 6(1), 63–75. Retrieved from https://repository.nie.edu.sg/handle/10497/49

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogia, 11(1), 1–8.

Dym, C. L., & Ivey, E. S. (2004). Principles of Mathematical Modeling. Amsterdam: Elsevier

Gunawan, A. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 216–255.

Ischak dan Warji. (1987). Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty

Ndii, M. Z. (2018). Pemodelan Matematika. Yogyakarta: Penerbit Depublish.

Nugroho, F. A. (2017). Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Ditinjau dari

Taksonomi Solo Kelas X. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nuryadi. (2014). Keefektifan Pendekatan CTL dan PPM Pembelajaran Matematika Metode GTG Ditinjau Keaktifan dan Prestasi Siswa Effectiveness of CTL Approach and PPM with GTG Method on Mathematics Teaching in Terms of Learning Activeness and Achievement of the Students. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 22–30.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam (Analysis of Student’S Errors in Solving Word Problems. Darul Ulum, 1(2), 165–174

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding

SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238. http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.p hp/semirata/article/view/882

Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal

Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman.

Sari, P. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Shodikin, A., Istiandaru, A., Purwanto, Subanji & Sudirman (2019a, March). Thinking errors of pre-service mathematics teachers in solving mathematical modelling task. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012004). IOP Publishing.

Shodikin, A., Novianti, A., & Sumarno, W. K. (2019b, February). Mathematics pre-service teachers’ thinking process in solving modeling task in differential calculus course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 2, p. 022127). IOP Publishing.

Widowati, & Sutimin. (2007). Buku Ajar Pemodelan Matematika. Semarang: FMIPA Universitas Diponegoro.

Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel di

Kelas VIII MTS Negeri Sungai Tonang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16.

Zulfah, Astuti, Insani, S. U., Zulhendri, & Akbar, P. (2019). Development of Open-Ended Based

Mathematics Problem to Measure High-Level Thinking Ability Development of Open-Ended

Based Mathematics Problem to Measure High-Level Thinking Ability. Journal of Physics:

Conference Series, 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012047

Zulyanty, M. (2019). Newman Error Analysis Siswa Madrasah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.121

Published
2021-05-16
How to Cite
Fiyah, M., & Shodikin, A. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MEMBUAT PEMODELAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 1-6. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp1-6