ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMAHAI
Abstract
Analisis Kesalahan Newman (AKN) merupakan suatu proses mereview jawaban siswa guna mengidentifikasi pola-pola ketidakmengertian dengan menggunakan tahap membaca, memahami, tahap transformasi, tahan keterampilan proses, dan tahap penulisan jawaban. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika, kesalahan yang sering dibuat siswa adalah menyelesaikan soal cerita terkait garis singgung lingkaran. Siswa sering salah dalam memahami masalah dan mengerjakan sesuai dengan langkah-langkah Newman. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan Newman dan pemberian Scaffolding dalam menyelesaikan soal cerita materi garis singgung lingkaran siswa SMP Negeri 1 Amahai. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Dalam hal ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci atau utama. Pengumpulan data menggunakan lembar tes, pedoman wawancara, pedoman scaffolding, dan lembar observasi. Dalam penelitian ini, triangulasi sumber data diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil tes awal menunjukkan bahwa kesalahan siswa adalah : (tidak menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, (b) tidak menuliskan informasi ke dalam pemisalan, (c) tidak tahu/lupa rumus yang harus digunakan, (d) tidak menuliskan jawaban akhir yang merupakan solusi dari soal. Peneliti menganalisis menggunakan analisis kesalahan Newman. Hasilnya menujukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Kesalahan-kesalahan tersebut kemudian diberikan scaffolding berupa penjelasan, mengulas, restrukturasi, dan pengembangan pemikiran konseptual. Kajian dalam penelitian ini masih terbatas, maka perlu adanya kajian yang lebih mendalam dengan semua level scaffolding Anghileri
Downloads
Copyright (c) 2023 Sora Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.